Galih Gumelar - Inilah Pengertian Ilmu Hikmah  - “Dalam al-Qur’an disebutkan, “Allah menganugrahkan al-Hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugrahi al-Hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran.” (QS. Al-Baqarah: 269).

Keterbatasan kita dalam memahami kandungan dari Al-Qur’an dan Hadis, maka para ulama atau para wali telah membuat panduan-panduan Ilmu Hikmah yang praktis yang bisa dilakukan oleh masyarakat awam yang belum punya kesempatan untuk mempelajari kandungan Al-Qur’an dan Hadis secara mendalam. Karena sesungguhnya dalam Al-Qur’an terkandung banyak sekali rahasia yang hanya bisa dipahami oleh orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah.

Kemampuan memahami secara mendalam terhadap al-Qur’an dan as-Sunnah itulah anugerah yang besar dari Allah yang tidak bisa dimiliki oleh setiap orang, begitu juga kemudahan dalam mengamalkannya. Apabila kita dianugerahi oleh Allah kemudahan dalam memahami agama ini dari sumbernya, dan kemampuan untuk mempraktikkannya dalam kehidupan, serta mengajarkannya kepada yang lain, berarti kita termasuk hamba yang diberi ilmu Hikmah. Dan itulah anugerah Allah termahal dan terindah, sebagaimana dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 269. Sehingga dengan ilmu itu perkataan dan perbuatan kita benar, sesuai dengan syari’at Islam.

Dari berbagai definis Ilmu Hikmah yang disampaikan oleh ulama-ulama besar kita  menyimpulkan bahwa Ilmu Hikmah bukanlah sekedar BACAAN DZIKIR yang dibaca rutin setiap hari. Ilmu Hikmah mencakup segala perbuatan kita, baik perbuatan kita kepada diri kita, kepada sesama, kepada alam dan bakti kita kepada Allah. Jelas sudah bahwa, orang yang mengamalkan Ilmu Hikmah hendaknya berusaha berperilaku bijaksana dalam segala hal. Dengan demikian Allah memberkahi segala amal perbuatan kita.

“Penjiwaan atas apa yang dinamakan Penjiwaan atas apa yang dinamakan DZATULLAH -SIFATULLAH – SIRULLAH” DZATULLAH (kemuliaan allah atas dzatnya SIFATULLAH (nama nama allah atau asmaul husna hendaknya kita terapkan dalam kehidupan lahir bhatin SIRULLAH mengimani segala Rahasia2 Allah)

AL HIKMAH SECARA BAHASA
Secara bahasa hikmah  yaitu al hukmu kebijaksanaan  Sedangkan makna asalnya adalah al man’u (mencegah/ melarang), menjadi al hukmu yang artinya mencegah kedzoliman. Kemudian al hikmah dapat diqiyaskan dengan al man’u karena mencegah kebodohan.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH adalah suatu amalan spiritual yang berupa ayat Alqur’an, doa-doa tertentu semata mendekatkan diri kepada Allah dan membersihkan jiwa dari berbagai penyakit hati. Ilmu Hikmah bisa dipelajari dengan amalan berupa dzikir, tabarruk, menyendiri, membersihkan hati, bersikap bijaksana atau riyadhoh tertentu sesuai ajaran para guru/ ulama.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH banyak sekali manfaatnya, mencakup segala urusan dunia dan akhirat. Ilmu Hikmah bisa untuk menyelesaikan berbagai macam masalah kehidupan, membantu kita kuat dalam mengarungi kehidupan yang penuh cobaan, merupakan sarana memohon perlindungan kepada Allah, mempermudah jalan usaha/rezeki kita, memperbaiki perilaku atau akhlak diri kita, mengubah perilaku buruk menjadi baik, menerangi hati yang gelap menjadi terang-benderang, memberi kegembiraan bagi yang sedih, memberi kekuatan bagi yang merasa lemah, membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT dan bisa juga sebagai sarana amal ibadah untuk mendapatkan ridho Allah.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH  bukan ilmu kesaktian dengan ilmu kesaktian  pendekar yang bisa dipamerkan atau disombongkan. Justru pantangan utama dalam mempelajari ilmu hikmah adalah kesombongan atau merasa punya kehebatan. Kunci dalam ilmu hikmah adalah memohon pertolongan dan rahmat dari Allah agar dalam menjalani hidup di dunia ini, kita diberi keselamatan, kelancaran, kesuksesan, kemudahan, kebahagiaan dan segala hal baik yang kita butuhkan. Juga agar perjalan kita di akhirat nanti diberi kelancaran hingga kita bisa bertemu Allah Yang Maha Besar.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH adalah inti dari Ilmu Hikmah sebenarnya adalah mendekatkan diri dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah. Hingga kita sama sekali tidak merasa punya kehebatan. Karena tiada daya dan upaya yang mampu hamba lakukan kecuali karena adanya Allah semata.

 ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH    Makna dan kandungan kandungan dalam ilmu hikmah sebenarnya adalah berisia kebijaksanaan, pendapat atau pikiran yang bagus, pengetahuan, filsafat, kenabian, keadilan

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH  juga bermakna kumpulan keutamaan dan kemuliaan yang mampu membuat pemiliknya menempatkan sesuatu pada tempatnya (proporsional).

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH  juga merupakan ungkapan dari perbuatan seseorang yang dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat pula.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH adalah “Benar dalam perkataan dan perbuatan”.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH      adalah pengetahuan dari pemahaman yang dalam terhadap agama Allah, lalu mengikuti ajarannya.”

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH adalah untuk membedakan sesuatu antara hak dan batil.kehati3an  dalam masalah halal dan haram.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH    makna Ilmu Hikmah yang tepat adalah ilmu tentang hukum-hukum Allah yang tidak bisa dipahaminya kecuali melalui penjelasan Rasulullah. Dengan begitu al-Hikmah disini berasal dari kata AL HUKMU yang bermakna penjelasan antara yang haq dan yang bathil

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH  bukanlah ilmu sihir yang melibatkan bantuan jin atau syetan. Sehingga bisa dipamerkan di tempat-tempat keramaian, dijadikan sebagai bahan pertunjukan, dipelajari dalam waktu sekejap, dimiliki dengan ritual-ritual khusus, atau diperjual-belikan dengan harga tertentu.

ILMU HIKMAH atau AL HIKMAH   adalah ilmu spiritual islam yang membimbing kita mengenal ajaran-ajaran Allah dan sunnah Rasul-Nya, sehingga kita bisa mengetahui mana yang halal dan mana yang haram, mana yang diperintahkan dan  mana yang dilarang. Dengan ilmu hikmah seperti itulah, kita akan menjadi orang yang benar dalam perkataan dan perbuatan. Itulah sejatinya ilmu Hikmah.

ILMU HIKMAH atau ALHIKMAH perkataan Imam Nawawi rahimahullah   adalah ilmu yang berkaitan dengan hukum-hukum agama yang lengkap untuk mengenal Allah yang diiringi dengan tajamnya pikiran dan lembutnya jiwa serta mulianya akhlak. Merealisasikan kebenaran dan mengamalkannya, berpaling dari hawa nafsu dan kebathilan.” (Kitab Faidhu Qadir: 3/ 416).

ILMU HIKMAH atau ALHIKMAH adalah ilmu yang disertai amal  nyata sehingga kita menjadi manusia yang bijaksana dalam bertindak, lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan keberkahan dalam usaha mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan belajar ilmu hikmah bukanlah untuk menjadi sakti atau menjadi hebat, tetapi untuk mendekatkan diri kepada Allah sehingga Allah memberikan kemudahan kepada kita.

 AL HIKMAH DITERANGKAN DALAM BEBERAPA SURAT
1. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala dalam Surat Al Baqarahِ
“Dan apa yang telah diturunkan Allah kepadamu yaitu Al Kitab dan Al Hikmah (As Sunnah). Allah memberi pengajaran kepadamu dengan apa yang diturunkan-Nya itu.”
 (Al Baqarah 231)

2.  Risalah Kenabian
Dalilnya sebagaimana difirmankan Allah saat mengisahkan Nabiyullah Daud Alaihissalam
Kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) kekuasaan dan al hikmah (risalah kenabian)
(Al Baqarah 251)

3. Kefaqihan Dalam Din
Dan kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak (Maryam 12)

4. Nasehat Yang Baik
Mereka itulah orang-orang yang telah Kami berikan kitab, hikmat dan kenabian
 (Al An‘am 89)

5. Ayat Al Quran Yang Berisi Perintah-Perintah Dan Larangan-Larangan
Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasehat yang baik (An Nahl 125)

6. Ilmu kehidupan
Allah memberikan hikmah kepada siapa saja yang Dia kehendaki
(Al Baqarah 269)

7.  bermakna pemahaman dan ilmu
“Kami berikan kepadanya al-hikmah selagi dia masih kanak-kanak.”
( Maryam:12 )

8. Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”.
( Lukman 12)

9.  hikmah pemahaman dan ilmu agama.
“Mereka itulah orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka kitab, hikmah, dan nubuwwah.”
 ( Al-An’am : 89 )

10. al-hikmah bermakna An-Nubuwwah / manfaat
“Sesungguhnya Kami telah berikan Al-Kitab dan hikmah ( Nubuwwah ) kepada keluarga Ibrahim. “
( An-Nisa :54 )

11. “Dan kami berikan kepadanya hikmah (nubuwwah ) dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan.”
(Shad:20)

12. al-hikmah bermakna Al-Qur’an yang mengandung keajaiban-keajaiban dan penuh rahasia, seperti tersebut dalam firman-Nya:
“Barangsiapa yang dikaruniai hikmah, ia benar-benar telah dikaruniai kebajikan yang banyak.”
( Al-Baqarah 269)

13.  makna al-hikmah dalam Al-Qur’an
Pertama, nubuwwah dan risalah.
Allah berfirman :
“Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al-Kitab, hikmah, Taurat sera Injil…”
(Ali’Imran:4 )

14.Al-hikmah pada ayat di atas bermakna nubuwwah dan risalah.
“Keudian Allah memberikan kepadanya ( Dawud ) pemerintahan dan hikmah ( nubuwwah ).”
( Al-Baqarah :251)

15. al-hikmah bermakna Al_Qur’an, tafsirnya, dan ta’wilnya.
Firman Allah SWT:
“Allah member karunia al-hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki..  ( Al-BAqarah :269 )

16. Ketiga, bermakna pemahaman yang mendalam dan faqih dalam perkara agama.
“ Kami berikan kepadanya al-hikmah selagi ia masih kanak-kanak.”
( Maryam:12 )

13. pengajaran dan peringatan.
Allah berfirman:
“ Mereka itulah orang-orang yang Kami berikan kepada mereka Kitab, hikmah dan kenabian.”
( Al-An’ am : 89 )

17. perintah-perintah Nya dan larangan-larangan Nya.
“Serulah ( manusia ) kepada jalan Rabbmu dengan cara hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik…”
( An-Nahl :;125 )

18. bermakna hujjah akal yang sesuai dengan hukum-hukum syar’I, lihat surat Luqman ayat 12.

19. Mengajarkan sifat hamba yang bertakwa dan berhak menjadi orang yang paling mulia.
“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah yang paling bertakwa.” Begitulah Allah menjelaskan standar kemuliaan sejati dalam surat al-Hujurat ayat 13.

“Al-hikmah adalah ilmu-ilmu yang bermanfaat dan pengetahuan-pengetahuan yang benar, akal yang lurus, kecerdasan yang murni, tepat dan benar dalam hal perkataan maupun perbuatan.”




Sumber : Berbagai Sumber 

Posting Komentar

[DOA][hot][recent][5]

 
Top