Galih Gumelar - Berikut ini Doa Agar Terhindar dari Wabah Penyakit Menular - Saat Tulisan ini dibuat, sedang mewabah penyakit corona di beberapa negara. Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata: Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tentang thaun (wabah penyakit yang mematikan). Beliau memberitahuku bahwa thaun adalah:

عذاب يبعثه الله على من يشاء، وأن الله جعله رحمة للمؤمنين، ليس من أحدٍ يقعُ الطاعونُ فيمكث في بلده صابراً محتسباً، يعلم أنه لا يصيبه إلا ما كتب الله له إلا كان له مثل أجر شهيد

"Adzab yang Allah kirim kepada orang yang Dia kehendaki. Allah jadikan thaun sebagai rahmat bagi orang-orang beriman. Tidaklah seseorang yang di negerinya mewabah thaun lalu ia tetap berada di situ dengan sabar dan berharap pahala, ia tahu tidak ada musibah yang menimpanya kecuali apa yg telah Allah tetapkan bagi dirinya melainkan baginya pahala seperti pahala seorang syahid." (HR. Al-Bukhari)

Tha’un adalah jenis wabah penyakit menular yang mematikan. Ia tersebar dengan izin Allah. Dan tidak ada sesuatu terjadi di alam raya ini kecuali dengan izin Allah. Ia akan menginveksi seseorang dengan izin Allah. Akan meninggal dengannya dengan izin Allah. Demikian pula bisa kebal dan sembuh dengan izin Allah.

Karenanya, di samping kita menghindarkan diri dari tempat berkembangnya wabah dan mengusahakan sebab-sebab dzahir lainnya –sebagai bentuk membenarkan sunnatullah- maka kita juga berdoa dan bertawakkal kepada Allah.

Di antara doa yang bisa kita amalkan dalam kondisi merebaknya wabah penyakit dari virus corona ini adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ، وَالْجُنُونِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit sopak, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.” (HR. Abu Dawud, Al-Nasai, Ibnu Hibban, dan selainnya)

Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dari macam-macam penyakit yang berdampak buruk terhadap fisik dan mengerikan -sopak, gila dan kusta-. Orang-orang akan menjauhi siapa yang terjangkiti penyakit ini. Banyak yang kemudian diisolir atau dikarantina.

Kemudian disebutkan secara umum semua jenis penyakit yang sangat buruk dan mengerikan. Termasuk penyakit mematikan seperti kangker, stroke, dan semisalnya. Termasuk di dalamnya penyakit akibat terinveksi virus Corona ini.

Posting Komentar

[DOA][hot][recent][5]

 
Top