Galih Gumelar - Bagaimanakah Doa Qunut. Berikut adalah latin dari bacaan Doa qunut:

“Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam”

Terjemahan dari doa ini adalah sebagai berikut:

“Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

Apa itu Doa Qunut?

Doa qunut umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu qunut nazilah dan qunut setelah shalat shubuh. Doa qunut nazilah adalah doa yang dilafadzkan ketika mengalami musibah. Kemudian ada doa qunut setelah shubuh yang mana doa ini biasanya lebih pendek dibandingkan qunut nazilah.

Tata Cara
Setelah membahas tentang bacaan serta artinya, bahasan selanjutnya adalah tentang tata caranya.

Doa qunut shubuh dibaca ketika shalat shubuh, tepatnya adalah saat raka’at kedua setelah rukuk (Pas I’tidal). Bila berjama’ah maka imam akan memimpin membaca shalat qunut. Adapun ketika kamu shalat sendiri maka kamu bisa membaca doa qunut itu sendiri.

Posting Komentar

[DOA][hot][recent][5]

 
Top