Tausiyah.GalihGumelar.Net - Berhias atau berdandan merupakan hal yang identik bagi perempuan. Fakta membuktikan bahwa ada seorang perempuan yang tak percaya diri jika tidak dibalut dengan kosmetik. Wajah yang tertutup dengan kosmetik, bisa membuat seorang perempuan tampil lebih menarik dan mampu mengekspresikan dirinya. Bahkan saat sekarang ini sedang trend menggunakan atau membaut alis palsu hingga ditebalkan dan diukir sedemikian rupa. Tapi, apakah hal ini diperbolehkan?

Pembaca.GalihGumelar.net, berdandan atau berhias bagi seorang perempuan dibolehkah dalam Islam. Tetapi, ada catatan-catatan yang harus diketahui. Apa sajakah itu?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,” (QS. Al-A‘raaf [7]: 31).

Seorang perempuan boleh berhias, tetapi janganlah berlebihan. Sebab, yang berlebihan itu sangatlah tidak disukai oleh Allah SWT. Terlalu banyak menggunakan kosmetik menghabiskan uang juga waktu begitu banyak tidak dierima dalam sistem dan nilai-nilai Islam. Islam menginginkan pengikutnya, baik itu laki-laki maupun wanita, untuk menjadi seseorang yang bersikap rendah hati, sopan, tidak berlebih-lebihan, dan sederhana. Kemudian jika kita lihat wanita atau perempuan yang dandan belebihan bukan terlihat menarik tapi terlihat semakin buruk rupa dan seakan dibuat buat.

Pembaca GalihGumelar.net, yang perlu diketahui dan di praktekan adalah berhias boleh saja dilakukan di luar rumah. Hanya saja, seorang perempuan harus tetap menjaga kesucian dan kehormatan dirinya. Ia harus tetap menutupi aurat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah. Jangan pula, hiasan wajahnya itu sama seperti orang Jahiliyah yang dimaksudkan untuk mengundang lelaki agar tergoda padanya.

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu,” (QS. Al-Ahzaab: 33).

Hati-hatilah dalam berpenampilan. Jangan sampai banyaknya orang yang memuji Anda karena penampilan Anda, membuat Anda lupa diri, dan membanggakan diri. Sebab, sikap tabarruj atau sombong ini, bisa menjerumuskan Anda pada lubang kehinaan.

Oleh sebab itu, pembaca tausyiah galihgumelar.net jika Anda senang berhias, gunakanlah kosmetik tipis saja. Tak usah menggunakan kosmetik yang begitu tebal, yang bisa jadi malah merusak kecantikan asli wajah Anda. Anda pun tak perlu menghabiskan waktu lama untuk berhias. Gunakanlah kosmetik seperlunya saja.


Sumber : Berbagai Sumber

Posting Komentar

[DOA][hot][recent][5]

 
Top