GalihGumelar - Pembaca setia galihgumelar, banyak orang pingin memiliki ilmu kebal, kebal apapun terutama kebal senjata tajam dan senjata api. Tapi tanpa disadari, tubuh kita sudah kebal sebenarnya.

Allah memeberikan kekebalan tubuh kita terhadap berbagai benda asing penyebab penyakit yang hendak masuk ke dalam jaringan tubuh. Inilah kekebalan gratis yang Allah berikan kepada kita sejak kita masih dalam kandungan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sifat Ar Rahman dan Ar Rahim-Nya telah mempersenjatai kita dengan sistem kekebalan tubuh berlapis yang begitu sulit ditembus.

Bagaimanakah Allas menciptakan kita dengan segala kekebalan tubuh :

1. Kulit Dan Lapisan Mukosa (Lapisan Penghasil Lendir)

Dari sumber yang dikutip, perlu diketahui bahwa kulit dan lapisan mukosa merupakan penghalang pertama dalam sistem kekebalan tubuh. Epitel kulit dilapisi keratin yang sulit ditembus mikroba. Lapisan keratin ini tahan terhadap asam dan basa lemah, serta racun dan enzim bakteri. Minyak yang disekresikan kulit juga mengandung zat kimia yang beracun bagi bakteri.

Apabila mikroba dapat menembus kulit, maka lendir dari lapisan mukosa akan menjerat mikroba tersebut. Lendir yang lengket ini pun akan melindungi saluran cerna dan saluran pernapasan dengan memerangkap mikroorganisme yang mencoba masuk.

Selain menghasilkan lendir, khusus pada lapisan mukosa lambung juga menghasilkan larutan asam klorida yang dapat membunuh mikroorganisme. Untuk melindungi bagian mulut ada air ludah yang mengandung lisozim yakni enzim penghancur bakteri. Lisozim juga terkandung dalam air mata yang melindungi mata kita dari infeksi.

2. Fagosit (Sel Pemakan)

Kemudian jika mikroba tetap dapat menembus kulit dan lolos pula dari lapisan mukosa, kemudian ia merusak sel-sel tubuh, maka sel yang dirusak oleh mikroba tersebut akan menghasilkan sinyal kimia yang berfungsi ‘memanggil’ bantuan. Bantuan yang datang berupa neutrofil yang merupakan bagian dari sel darah putih.

Cairan neutrofil akan keluar dari pembuluh darah menembus dinding kapiler dan menuju jaringan yeng terinfeksi. Kemudian neutrofil akan menelan mikroba tersebut, dimana sebuah neutrofil mampu memfagosit 5 sampai 20 sel bakteri.

Kedatangan neutrofil kemudian disusul dengan monosit yang merupakan bagian dari sel darah putih juga. Dalam waktu 12 jam monosit ini akan menghasilkan banyak lisosom yang akan berkembang menjadi makrofag (sel pemakan berukuran besar).

Makrofag ini akan menggantikan peran neutrofil dalam pertempuran melawan benda asing. Sebuah makrofag mampu menelan 100 bakteri dengan cara melingkupinya dengan kaki semunya lalu membunuh bakteri-bakteri tersebut dengan cara merusaknya.

3. Sel Natural Killer (Sel NK)

Sel NK berjaga di sistem peredaran darah dan limfatik. Ia mampu membunuh sel-sel kanker serta sel-sel tubuh yang terinfeksi virus dengan cara menyerang lapisan pembungkus (membran) sel target.

4. Protein Anti Mikroba

Protein anti mikroba berperan dalam melawan mikroorganisme secara langsung atau dengan cara menghambat perkembangbiakannnya. Salah satu jenis protein anti mikroba adalah interferon yang dihasilkan sel tubuh yang terinfeksi virus untuk melindungi sel-sel tubuh lain di sekitarnya agar tidak ikut terinfeksi.

5. Limfosit

Sumsum tulang merah atau hati janin menghasilkan sel-sel limfosit yang identik. Sel-sel limfosit yang tetap berkembang di sumsum merah akan berkembang menjadi sel B. Sedangkan limfosit yang mengalami pematangan di timus akan berkembang menjadi sel T.

Sel T bekerja melawan mikroorganisme jenis jamur dan dapat juga menghancurkan sel tubuh yang terinfeksi virus serta membunuh sel-sel kanker. Sedangkan sel B bekerja melawan protein asing (antigen) dari bakteri dan racun bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Jika antigen masuk ke dalam tubuh, maka sel B akan menghasilkan protein yang disebut antibodi. Antibodi bekerja dengan menandai antigen agar dihancurkan oleh makrofag.

Semoga dengan kekebalan yang Allah berikan kepada kita bisa menambah rasa syukur kita kepada Allah swt, dan marilah kita menjaaga diri kita agar kekebalan tubuh kita tetap ada ( sehat walafiat). Subhanallah.

Posting Komentar

[DOA][hot][recent][5]

 
Top