Oleh : Ust. H. Galih Gumelar, ST, MSi.


Subhanallah Walhamdulillah Wa Laillaha Ilallah Wallahu Akbar......
Galih Gumelar .com - Banyak konsep dan penjelasan mengenai hidup menjabarkan bahwa hidup kita ini adalah sebuah perjalanan yang sangat berwarna dan merupakan sebuah ujian untuk manusia.....
Apa yang kita Alami dan jalani saat ini digambarkan sebagai sebuah ujian untuk mendapatkan surga di akhirat kelak, mendapatkan nilai yang bagus dan hasil memuaskan. Hal ini sering membuat diri kita terpacu untuk mendapatkan hasil memuaskan tersebut.


Namun apakah pantas hidup kita ini disebut sebagai ujian...?
Secara kasih sayang dan Rahmat Allah SWT, saya pribadi tidak sependapat bahwa hidup ini merupakan ujian Allah swt kepada hamban-Nya.
Ujian yang notabene banyak orang sebut lebih pantas dan baik bila disebut sebagai barokah dan karunia dari Allah swt. Kenapa...?
Karena apa yang kita alami kemarin, saat ini bahkan lusa semuanya bukan ujian Allah tapi merupakan nikmat Allah yang tiada duanya.
Apakah mengirup udara segar dipegunungan disebut sebagai ujian ?, tentu tidak kan, namun sebagai karunia Allah kepada kita.
Apakah hidup kita selama ini harus disebut identik dengan nama UJIAN karena Allah senantiasa menguji kita?


Allah yaa rahman yaa rachim tidak pernah menyatakan bahwa seluruh hidup kita ini adalah ujian dan cobaan, tapi dalam Al-Qur'an Allah berpesan " Syukurilah Nikmat-Ku". Dari kita masih berbentuk sperma, Allah berikan kita karunia kemudahan untuk menang dari sperma lainnya, lalu Allah berikan kebesarannya untuk menumbuhkan kita dari segumpal mani menjadi segumpal darah lalu segumpal daging, lalu Allah berikan ruh dan Allah berikan kita kesempatan untuk menghirup udara dunia ini pantas disebut sebagai ujian?, tentu tidak melainakan Allah telah memilih kita untuk menajdi khalifah di muka bumi ini.


Ketika susah kita sering menyebut semua hidup ini ujian, bahkan hingga kaya pun kita sebut semua ujian, ternyata tidak semua yang ada dalam hidup kita ini merupkan ujian Allah terhadap hamba-Nya, melainkan ramhat, karunia, hidayah Allah kepada kita untuk memberikan kita kesempatan hidup di muka bumi ini hingga menjadi seorang insan yang benar-benar beruntung dunia akhirat.


Maka marilah, jangan jadikan semua yang ada dalam hidup kita ini sebuah ujian, tapi jadikanlah sebuah nikmat yang tiada duanya Allah berikan untuk kita, Allah curahkan untuk kita hingga kita bebas mentukan kemana kita akan pergi, kemana kita akan kembali. Allah berikan kebebasan untuk kita memilih, jadi jangan sebut semua yang Allah anugerahkan kepada kita adalah sebuah ujian karena pradigma tersebut hanya akan membuat hidup kita susah senidiri. Wallahu'alam.

Posting Komentar

[DOA][hot][recent][5]

 
Top