Galih Gumelar .com - Saudara-saudaraku...,Sesuatu dapat dicintai jika telah dikenal dan diketahui. Jika sesuatu itu sudah dikenal dan diketahui kemudian kecocokan sifat dan adanya sesamaan, maka timbullah rasa cinta (mahabbah).


Karena itu rasa cinta diakibatkan kecendrungan perasaan terhadap sesuatu yang menyenangkan. Kecendrungan persasaan yang kuat itulah yang kita kenal sebagai cinta.


Rasulullah saw bersabda, "Dicintakan bagiku dari duniamu itu tiga perkara yaitu harum-haruman, wanita dan buah pandangan mataku itu dijadikan shalat."


Bau yang harum itu dicintai. Namun posisinya bukan karena mata dan telinga, melainkan karena indera penciuman yang merasakannya. 


Wanita pun dicintai karena dapat dinikmati dengan indera mata dan penyentuh (sentuhan). Dan Shalat merupakan buah pandangan mata dan dicintai oleh indera selain panca indera yaitu hati.


Saudara-saudaraku...., yang namanya mata bathin itu lebih kuat dari pada pandangan mata biasa. Pengetahuan jati lebih kuat dibanding dengan mata. Makna keindahan lebih besar dari pada keindahan yang dapat dipandang dengan mata. Kelezatan yang dirasakan oleh hati. Adapun kelezatan hati itu timbul karena urusan-urusan Ketuhanan yang mulia. 


Oelah karena itu saudara-saudaraku...tidak ada kelezatan yang luar biasa dapat dirasakn kecuali menyintai Allah Azza Wa Zalla....Subhanallah.

Posting Komentar

[DOA][hot][recent][5]

 
Top